Minggu, 07 Juni 2015

Bassang Khas Makassar

Hmm... sebelum membahas lebih lanjut tentang cara pembuatan Bassang, pertama-tama saya mau berbagi cerita nih tentang makanan satu ini. Makanan ini termasuk makan yang langka. why?? itu karena makanan ini hanya ada di Makassar dan merupakan makanan khas Makassar. 

Aku juga baru tahu kalau ternyata ada makanan yang bernama Bassang. Dan aku baru tahu ketika saya menuntut ilmu di Makassar. Yaahhh.. saya memang asli warga Sulawesi Selatan tapi bukan asli Makassar. Jadi harap maklumlah kalau belum tahu makanan ini. 

Awalnya, saya tidak sengaja berkenalan dengan si Bassang ini. Seingat saya, pagi itu ada sepupu sehabis  jogging datang dengan membawa Bassang. Namanya juga baru liat, yaaa.. naluri penasaran jadi muncul deh. Trus nanya sama sepupu, itu makanan apa dan beli dimana. Dia bilang ini namanya Bassang, tadi belinya di pasar dekat rumah. Trus.. sepupu saya berbagi dehh denganku. 

Sumpah...sejak pagi itu, Bassang ini sudah masuk dalam kategori makanan favorit saya. Bassang ini walau dikata makanan tradisional, tapi tidak bisa dibandingkan dengan makanan luar negeri. Makanan ini punya rasa tersendiri. Pokoknya, bagi Teman-teman  yang belum sempat mencoba makanan penggoyang lidah ini, harus dan wajib dicoba. Kalau rasa dijamin suuuuupeerrrrr Yummiiii... Eeeenaakkk sangat pokoknya.

Maaf kalau sudah banyak ngoceh,.hehhe
Tapi inilah rasa ketika saya pertama kali mencicipinya.

sumber gambar : hesti-myworkofart.blogspot.com
Tanpa basa basi lagi, let check this out!!

Bahan:
  • 200 gr jagung pulut atau jagung bassang
  • 1 ltr air untuk merebus
  • 100 ml air
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 1 ltr santan cair
  • 200 ml santan kental
  • 2 lembar daun pandan
  • 50 gr tepung maizena
Cara Pembuatan:
  1. Rendam jagung selama 1 malam.
  2. Rebus jagung hingga lembut. Tambahkan air jika air rebusan hampir habis sedangkan rebusan jagung belum lembut.
  3. Setelah jagung lembut, tambahkan santan 1 ltr santan cair dan 2 lembar daun pandan ke dalam rebusan jagung. Aduk, agar santai tidak pecah hingga mendidih.
  4. Larutkan 50 gr tepung maizena dengan 100 ml air, kemudian masukkan kedalam rebusan jagung. Aduk rata, biarkan hingga mengental.
  5. Masukkan 200 ml santan kental, 2 sdt garam, dan 1 sdt vanili bubuk. Aduk rata hingga adonan meledup-ledup. Matikan kompor.
  6. Bassang siap disajikan. Tambahkan gula sesuai selera.
  7. Untuk 8 porsi.
_"Terima Kasih"_





1 komentar: