Sabtu, 20 Juni 2015

Catatan Kecil

"Sungguh ALLAH tidak akan mengubah (nasib) suatu kaum, jika mereka tidak mengubah keadaannya sendiri...." (QS. Ar-Ra'ad 13:11)

"..Jernihkan pikiran Anda terlebih dahulu, sebelum menilai segala sesuatu. Jangan melihat sesuatu karena rekaan dipikiran Anda, tetapi lihatlah sesuatu karena apa adanya..."

".. Suatu aksi akan menciptakan reaksi.. dan prinsip memberi akan menciptakan energi kepercayaan.."

".. Seandainya seseorang mencari kayu bakar dan dipikul diatas punggungnya, hal itu lebih baik daripada jika ia meminta-minta pada seseorang yang kadang-kadang diberi, kadang-kadang pula ditolak..."


Hal - hal yang dapat membangun kepecayaan diri :
  1. Memberi penghargaan kepada orang lain
  2. Memberi perhatian tulus kepada orang lain
  3. Mendengar orang lain berbicara\
  4. Membuat orang lain penting dihadapan kita
  5. Mau mengakui kesalahan dan Berani meminta maaf
  6. Selalu mengucapkan terima kasih
  7. Suka memuji orang lain
  8. Berusaha mengerti perasaan orang lain
  9. Mengucapkan salam
"....Tidaklah mereka melakukan perjalanan di muka bumi, sehingga mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka mengerti, dan mempunyai telinga yang dengan itu mereka mendengar?
Sungguh, bukanlah matanya yang buta, tapi yang buta ialah hatinya yang ada dalam (rongga) dadanya...." (QS. Al-Hajj 22:46)



Semua yang tertera di atas adalah kutipan buku ESQ (Emotional Spiritual Quotient) oleh Ary Ginanjar Agustian. Setelah saya membaca buku ESQ ini sangat banyak memberikan motivasi dan dengan ini saya mau berbagi dengan teman-teman sekalian. Saya sangat merekomendasikan kiranya teman-teman mau dan menyempatkan diri untuk membaca buku ESQ. Karena jika Anda membaca dengan sungguh-sungguh, sangat banyak ilmu yang dapat kita petik dari buku ESQ.
....TERIMA KASIH...

1 komentar: